Friday, August 18, 2017

108 Guru Berprestasi Raih Penghargaan dari Kemendikbud

Jakarta (Lampost.co) -- Sebanyak 108 guru dan tenaga kependidikan (GTK) meraih penghargaan GTK berprestasi dan berdedikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaannya RI. Mereka dipilih dari 875 GTK dari seluruh Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaannya Muhadjir Effendy menyampaikan, penghargaan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan GTK. Ia menilai, seluruh pemenang telah berdedikasi terhadap dunia pendidikan.

Seluruh peserta GTK berprestasi dan berdedikasi dipilih melalui proses seleksi tes tertulis, wawancara, penilaian portofolio, penilaian praktik, dan presentasi. Proses ini berlangsung sejak 14 Agustus hingga 19 Agustus 2017.

"Para pemenang akan mendapat hadiah beragam. Bagi pemenang pertama, dapat uang pembinaan sebesar Rp20 Juta dan laptop," kata Muhadjir di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Sabtu 19 Agustus 2017.

Pemenang kedua mendapat uang pembinaan sebesar Rp17,5 juta dan komputer jinjing. Lalu, pemenang ketiga mendapatkan uang Rp15 juta untuk pembinaan.

"Pemilihan ini dilakukan secara bertahap. Mulai dari tingkat satuan pendidikan, kota, provinsi, lalu Nasional," imbuh Muhadjir.

Penghargaan ini dibagi menjadi 36 kategori yakni, guru taman kanak-kanak (TK), kepala TK, guru TK daerah khusus, kepala TK daerah khusus, dan pengawas TK. Lalu kategori pada pendidikan dasar ada guru SD berprestasi, kepala SD berprestasi, pengawas SD berprestasi, guru SD/SMP penyelenggara pendidikan inklusi, guru SD/SMP luar biasa, pengawas pendidikan luar biasa, kepala SD daerah khusus, dan kategori kepala SLB/SDLB/SMPLB/SMALB.

Pada jenjang SMP, terdapat peserta dari guru SMP, kepala SMP, kepala SMP daerah khusus, pengawas SMP, pengawas sekolah di daerah khusus, tenaga administrasi sekolah SMP, dan tenaga perpustakaan SMP. Untuk jenjang SMA terdapat peserta dari guru SMA, kepala SMA, pengawas SMA, guru SMA luar biasa, guru SMA/K berdedikasi pendidikan menengah, dan guru SMA/SMK penyelenggara pendidikan inklusi.

Selanjut kategori kepala SMA/K daerah khusus, tenaga laboratorium, tenaga perpustakaan SMA, tenaga administrasi SMA. Lalu pada jenjang SMK, ada peserta guru SMK, kepala SMK, pengawas SMK, teknisi/laboran pendidikan SMK, dan tenaga administrasi SMK.

"Selamat bagi seluruh pemenang. Tanggung jawab kalian sangat berat," pungkas Muhadjir.

sumber : lampost.co

0 comments:

Post a Comment